Diagonal Select - Hello Kitty
RSS

RESUME MULTIMEDIA ke 2 ( FLASH )


RESUME MULTIMEDIA ke 2 ( FLASH )

1.     Workspace beserta fungsinya dalam Adobe Flash




·         Stage,
Stage merupakan tempat untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Jadi, Stage berfungsi untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
·         Timeline library
Timeline digunakan untuk menyusun semua objek yg akan digunakan didalam produk animasi atau multimedia dengan mengikuti layer tertentu & juga menentukan prilakuannya, serta mengikuti pergerakan waktu.
Library digunakan untuk menyimpan simbol yang digunakan untuk membuat movie.
·         Action dan properties
Action adalah tempat untuk menulis perintah atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan kecanggihan khusus.
Properties adalah untuk melakukan pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat.

2.    Istilah (Animasi dalam Flash)
v  Single keyframe dan frame
-      Single keyFrame di mana terdapat perubahan yang spesifik didalam animasi
-      Frame  ialah Satu bingkai gambar grafik yang merupakan bagian dari animasi
v  Motion tweened frame
Biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak (dari satu posisi ke posisi lain), berputar, dan perubahan ukuran (skala).
v  Shape tweened frame
Animasi perubahan bentuk ataupun perubahan ukuran, dimana terjadi sebuah perubahan dari 1 bentuk kebentuk lainnya.
v  Labeled frame
         Sebagai suatu identitas dari frame. 
v  Scripted frame
Kode-kode program dalam Flash digunakan untuk mengontrol jalannya suatu animasi agar animasi yang dibuat menjadi lebih atraktif dan menarik.

3.    Isi tiap bagian Tools Panel beserta fungsinya
·         Tools Area panel berisi berbagai macam tool.


   
·         View Area untuk mengatur tampilan lembar kerja.

·         Colors Area menentukan warna yang dipakai saat mengedit.

·         Option Area alat bantu lain untuk mengedit gambar. 

4.    Perbedaan Static Teks, Dinamic Teks dan Input Teks :
-      jika Static Text, tulisan yang bersifat statis sehingga tidak dapat diubah-ubah saat aplikasi dijalankan
-      Kalau Dynamic Text, tulisan yang bersifat dinamis sehingga bisa diedit atau diubah saat aplikasi dijalankan.
-      Sedangkan Input Text, teks yang dapat diinputkan oleh user saat aplikasi dijalankan.

5.    Pengertian, Fungsi & Cara membuat Breaking Teks Apart
Breaking Teks Apart adalah untuk memisahkan masing-masing karakter hururf, cara membuat CTRL+B.

6.    Linking Teks, dan Cara Membuat Linking Teks ke sebuah URL.
Linking teks adalah teks yang akan dijadikan link agar bisa terhubung ke internet. Cara membuat Linking Teks kesebuah URL adalah dengan cari kata atau kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain, lalu tandai atau blok kata.kalimat tersebut. Setelah ditandai Klik tanda link. Maka anda akan di bawa ke halaman/tampilan Lain, URL : isilah Alamat Web yang anda inginkan.

7.    Perbedaan Bitmap dan Vektor :
Gambar bitmap juga biasa disebut dengan raster graphic. Contoh dari gambar ini
adalah gambar-gambar pada dekstop wallpaper dan foto-foto yang ada dalam situs web. Gambar bitmap ini tersusun dari titik-titik (pixel) yang berjumlah ribuan, sehingga bila gambar tersebut diperbesar, maka titik-titik yang menyusunnya akan semakin terlihat jelas. Dengan kata lain, pembesaran gambar bitmap menyebabkan gambar tersebut pecah. Program-program yang biasa gunakan untuk bekerja dengan gambar bitmap adalah Painter, Paint Shop Pro, Photoshop, dan Windows Paint.

Gambar vektor mempunyai sifat yang berlawanan dengan gambar bitmap.
Seberapapun gambar vektor diperbesar, gambar tersebut akan terlihat utuh atau tidak pecah. Hal ini dikarenakan file yang berisi gambar vektor hanya menangkap bagian-bagian yang membentuk gambar tadi, dan bukan menangkap keseluruhan bagian gambar vektor. Di samping itu, kelebihan lain dari gambar vektor dibanding dari gambar bitmap adalah ukuran file gambar vektor lebih kecil daripada ukuran file gambar bitmap.

8.    Animasi Motion Tween dan Shape Tween
Motion tween adalah pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir. Sebagai contoh anda ingin menggerakkan suatu bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.

Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween.

9.    Simbol dalam Flash dan Fungsinya

                      
·         Tipe Simbol Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
·         Tipe Simbol Movie Clip adalah simbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
·         Tipe Simbol Button adalah simbol untuk membuat tombol yang bersifat diam
·         Tweening pada Simbol adalah simbol yang ada di dalam tween.

10. Format Publising Flash Movie
·         Flash *.swf
File yang terbentuk jika anda melakukan test movie , dan merupakan   sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d lainya.
·         Html *.html
Digunakan untuk membuat suatu aaplikasi yang bisa di akses melalui web.
·         Windows Projektor *.exe
Jasa untuk meng-export animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi




Referensi :


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS