Diagonal Select - Hello Kitty
RSS

Cheat Sheet Command Line Linux



CHEAT SHEET COMMAND LINE ATAU PERINTAH DASAR, 
MANAJEMEN PROSES DAN KONKURENSI PADA LINUX



Seperti halnya bila kita mengetikkan perintah di DOS, command line atau baris perintah di Linux, juga diketikkan di prompt dan diakhiri enter untuk mengeksekusi perintah tersebut. Baris perintah merupakan cara yang lebih efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan oleh karena itu pemakai Linux tetap mengandalkan cara ini untuk bekerja. Sebaiknya pemula juga harus mengetahui dan dan sedikitnya pernah menggunakan perintah baris ini karena suatu saat pengetahuan akan perintah-perintah ini bisa sangat diperlukan.

Saya mengumpulkan beberapa perintah dasar yang mungkin kelak akan sering digunakan terutama oleh para pemula. catatan : pengetahuan akan perintah yang lain akan segera bertambah seiring dengan kemajuan Anda menguasai sistem operasi Linux ini. Penjelasan masing-masing perintah akan dipersingkat saja dan untuk mengetahui lebih detail lagi fungsi-fungsi suatu perintah. Anda dapat melihat manualnya, misalnya dengan mengetikkan perintah man di terminal.

Perintah Dasar
Perintah-perintah Linux atau Command Line memang disadari atau tidak telah menjadi dasar para pelajar atau mahasiswa yang ingin belajar, atau mengenal linux. Bahkan ada pandangan bahwa mempelajari linux lebih sulit dari OS yang lain. Namun ada peribahasa yang mengatakan "bisa karena terbiasa", sebagian besar perintah-perintah pada linux tidak jauh berbeda polanya dengan command prompt pada windows. Bahkan untuk perintah-perintah dasar linux juga dapat digunakan pada OS lain berbasis UNIX semisal BSD, dan Mac OSX. 
Berikut beberapa fungsi perintah dasar dalam linux :
 



































Manajemen Proses
Proses adalah program yang sedang di eksekusi. Di linux, setiap program merupakan proses. Proses dapat diciptakan dan dapat pula dimusnahkan. Ketika system operasi GNU/Linux pertama kali diaktifkan, saat itu pula proses yang bertanggung jawan untuk memuat kernel diciptakan. Proses yang pertama kali di ciptakan di linux disebut init.
Konsep proses di Linux memeiliki kemiripan dengan konsep file permission. Dalam pengertian setiap user hanya dapat memanipulasi proses yang menjadi miliknya. Setiap proses juga memiliki PID atau Process ID yang merupakan nomor unik yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan proses bersangkutan.
Berikut beberapa nama fungsi dan fungsinya di system operasi bagian manajemen proses pada linux :


























KONKURENSI
Konkurensi merupakan landasan umum perancangan sistem operasi. Proses-proses disebut konkuren jika proses-proses berada pada saat yang sama.  
Berikut, ada beberapa nama fungsi di konkurensi pada sistem operasi linux :
















Untuk lebih jelas, file bisa didownload Disini
Semoga bermanfaat yah, terimakasih!

Sumber :
Modul Assisten Dosen Praktikum Sistem Operasi 2014 
http://pemula.linux.or.id/pengguna/command.html
http://www.slideshare.net/fikriaquarius/100-perintah-dasar-linux-16743847

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS