Diagonal Select - Hello Kitty
RSS

INSTALASI LINUX UBUNTU 14.04

INSTALLASI LINUX UBUNTU 14.04 MENGGUNAKAN VIRTUAL BOX


Untuk menginstalasi Linux, hal yang pertama anda harus siapkan adalah tentu saja seperangkat komputer atau sebuah laptop. Berikutnya adalah CD instalasinya, atau boleh juga file berbentuk .iso. Tunggu dulu, ini percobaan pertama anda? Saya sarankan, anda tidak menginstalasi langsung di komputer anda, karena bisa fatal jika anda melakukan kesalahan. Nah, untuk belajar menginstal, disini kita akan mempergunakan Oracle Virtualbox.

Apa itu Oracle Virtualbox? Melalui program ini anda akan menginstalasi sebuah windows virtual, atau OS dalam OS. Jadi tidak akan mempengaruhi OS yang anda gunakan sekarang. Nah untuk percobaan ini kita akan menginstal Ubuntu. Oke, kita mulai saja! 

1. Buka Oracle Virtualbox 















2. Klik Baru 











3. Akan keluar kotak dialog berikut, isikan nama anda, pilih Tipe Operating System Linux, dan versinya Ubuntu(64 bit), lalu klik Lanjut. 


















4. Akan keluar kotak dialog berikut. Disini kita akan memilih berapa jumlah RAM yang dialokasikan pada mesin Virtual kita. Nah disini anda bebas memilih berapa memori yang ingin anda gunakan, asal berada dalam taraf warna hijau. Lalu klik Lanjut.



















5. Akan keluar kotak dialog berikut. Disini kita disuruh memilih, membuat harddisk baru atau menggunakan harddisk yang sudah ada. Pilih Buat Hard disk Virtual sekarang. Lalu klik Lanjut. 



















6. Untuk 2 kotak dialog berikutnya, anda klik saja Lanjut.



7. Akan keluar kotak dialog berikut. Disini anda menentukan ukuran memori harddisk baru yang anda buat tadi. Misal saja disini ukurannya 16 GB. Lalu klik Lanjut  

8. Nah sekarang sebagian linux baru anda sudah tercipta. Tapi kita harus menambahkan data-data ke dalamnya,  dari file berformat iso yang sudah anda siapkan.  













 9. Setelah muncul tampilan seperti diatas, lalu klik Pengaturan









10. Munculah tampilan seperti ini. Anda pilih Penyimpanan, lalu klik pada tulisan Kosong. disamping gambar disk. Lalu klik gambar folder (open).











11. Pilih file iso windows anda, klik Open.



12. Nah sekarang tulisan Kosong tadi sudah terganti menjadi file iso anda. Lalu klik OK. 












13. Muncul tampilan lagi seperti dibawah ini 















14. Sekarang kita akan mulai menginstalasi lagi. Klik Mulai. 












15. Munculah tampilan seperti ini.










16. Munculah tampilan seperti ini. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan lalu klik Install Ubuntu. 

17. Saat muncul tampilan ini, maka klik saja continue.














18. Pada tampilan Installation Type, pilih yang Something Else lalu continue.












19. Nah sekarang saatnya kita membuat partisi. Disini kita akan membuat setidaknya 3 partisi, untuk menyimpan data-data program, data-data pribadi kita dan data untuk recyle. Maka pada tampilan ini klik New Partition Table.













20. Jika muncul tampilan ini, klik saja continue.












21. Maka akan muncul tampilan ini, klik tanda + tambah untuk menambahkan partisi ke dalam free space yang sudah dibuat.













22. Pada langkah ini kita menentukan berapa besar memori pada partisi yang kita buat. Misal saja partisi pertama ini besarnya 10000 mb. Dan untuk partisi pertama ini pilih Mount Point /, kemudian klik OK. Sekarang buat partisi ke dua, klik add atau tombol yang memiliki gambar +.













23. Nah partisi pertama sudah tercipta. Tentukan lagi besar partisi kedua anda. Misal disini adalah 5000 mb. Dan Mount point partisi ini /home, lalu klik OK. Sekarang buat partisi ke tiga, klik add atau tombol yang memiliki gambar +.












24. Nah partisi kedua sudah tercipta. Tentukan lagi besar partisi ketiga anda. Misal disini adalah 500 mb. Dan Use as Swap Area, lalu klik OK.













25.Nah, sekarang terlihat 3 partisi yang sudah kita buat. Sekarang kita akan menginstalnya, klik Install Now.












26. Selanjutnya kita menunggu proses instalasi, setting time zone, setting keyboard layout (pilih English US), memasukan nama dan password (pada Linux password harus diisi). 
























27. Setelah selesai disetting dan continue, maka akan muncul tampilan Welcome to Ubuntu 14.04 seperti dibawah ini.













28. Proses Installasi. Tunggu sampai selesai














29. Setelah selesai diinstall, maka akan muncul tampilan Installation Complete. Lalu Restart Now.







30. Nah nanti jika sudah direstart kita bisa login dengan password yang tadi kita ketikan. Sekarang Proses instalasi Linux sudah selesai! Horeeee :D!


Untuk lebih jelas, modul bisa di download Disini
Dan disini saya kasih tutorial nya melalui video juga...



SEMOGA BERMANFAAT & SELAMAT MENCOBA ^_^
















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS