Diagonal Select - Hello Kitty
RSS

#Pedih ~ Last Child



Pedih ~ Last Child

Engkau yang sedang patah hati
Menangislah dan jangan ragu ungkapkan
Betapa pedih hati yang tersakiti
Racun yang membunuhmu secara perlahan

Engkau yang saat ini pilu
Betapa menanggung beban kepedihan
Tumpahkan sakit itu dalam tangismu
Yang menusuk relung hati yang paling dalam

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

#sick2[september.1]



Kuat, Kuat dan Harus Kuat

Teman2 mungkin penasaran ya dengan ceritaku kemarin.. hehe. Oke sekarang episode 2. hehe...
Iya sakit itu tidak berhenti sampai disitu saja. berlanjut ke bulan baru à September. Yang keadaanya semakin parah, sangat sering kambuh. Merasakan sakittt nya kepala dan mimisan banyakkk... iya mungkin lupa sudah berapa kali dalam seminggu kambuhnya, kalo ga salah ada 3-4kali merasakan sakit kepala.. saat itu aku di ajak teman ku yg berinisial [i] beliau menemaniku untuk check ke poliklinik yang ada di universitas ku..kemudian 1 temanku menyusul inisial [s]. Yaps jadi ada 2 orang yang waktu itu menemaniku. Alhasil kata dokter itu, baiknya check ke dokter spesialis saja. biar jelas sakitnya.. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

#sick1[agustus]



What Happen With My Head ??

Assalamualaikum.. Teman2 blogger, aku pengen berbagi cerita nih yah walaupun tidak menarik tapi aku ingin berbagi apa yang tidak bisa aku share langsung kesemua orang. aku hanya ingin hal ini menjadi suatu pembelajaran yang dalam buat masa depan nanti. insyaaAlloh.. langsung ya... 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

[Cheat Sheet] Linux Command Shell

[Cheat Sheet] Linux Command Shell

Assalamualaikum Wr.Wb. Hy ukhty2 dan akhi2 yang soleh dan solehah?? Apa kabarnya? semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat ya :D Aamiin. oia sekarang masih ngebahas tentang sistem operasi di linux nih khususnya di Ubuntu... sekarang temanya Command Shell :D ada yang tau apa sih command shell itu ?? yaps, diasumsikan belum pada tau yaa, hahaa oke langsung aja ke penjelasan dulu yaah.... 

Apa sih command shell?
•  Program yang menerjemahkan perintah
• Mengijinkan user untuk mengeksekusi perintah dengan cara mengetiknya secara manual diterminal atau secara otomatis pada program yang disebut shell script.
•  Shell bukan sistem operasi tetapi cara untuk terhubung dengan sistem operasi dan menjalankan perintah.

Di command shell ada beberapa fungsi yang wajib kita ketahui dan dicoba :D
langsung yaa ,, --->

Dapat digunakan untuk mewakili jarak dari nilai, misal: [0-9], [a-z], dll


Mewakili karakter tunggal dalam nama file Contoh: m? dan Alat pemisah direktori, digunakan untuk memisahkan string dari nama direktori Contoh: /bin/m?


Disini kita membuat direktori/folder yang dberi nama stmoperasi, setelah itu masuk ke folder stmoperasi. Kita buat file dalam folder stmoperasi. Dengan mengetikkan command "touch berkas [0-12].txt yang berfungsi untuk mewakili jarak dan nilai. lalu lihat list nya command "ls"

Escape character. Jika anda menginginkan untuk menggunakan karakter spesial, anda harus “melepaskan” dengan miring garis terlebih dahulu. Contoh: touch /tmp/filename\*


Mewakili 0 atau banyak karakter dalam nama file, atau dengan sendirinya, semua file dalam direktori
tanda * seperti gambar ini :







Command separator. Memungkinkan anda untuk mengeksekusi banyak perintah dalam satu baris. Contoh: bisa dicoba seperti gamabr dibawah ini !

Membuat berkas lagi dengan command "touch" lalu berkas bisa kita lakukan eksekusi banyak perintah dalam satu baris. dengan karakter";" dan  Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. dengan karakter ">"


Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > sulasimuts.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat sulasimuts.txt" mucul lah cal yang berati calender.  


Mengalihkan output dari suatu perintah menuju ke akhir dari suatu file yang sudah ada hampir sama dengan yg diatas. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > sulasimuts.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat sulasimuts.txt" mucul lah cal yang berati calender.  


Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah kedua jika perintah pertama dikerjakan tanpa ada error. Contoh :  ls /etc/passwd && echo "file password".


Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah salah satu saja jika salah satu perintah yang akan dikerjakan tanpa ada error.


Mengeksekusi suatu perintah di background, dan langsung mendapatkan shell anda kembali . seperti dibawah ini, ketikkan command "ls /etc/passwd & echo "file password ada".. 


Ketika anda menemukan kebuntuan dan memerlukan bantuan dengan perintah perintah di Linux, bantuan biasanya hanya dengan beberapa kata kunci. seperti ingin mengetahui info list dalam linux. maka ketikkan command "info ls" seperti gambar ini :


Banyak perintah memiliki halaman “help” sederhana yang bisa dipanggil dengan special commands flags. Flags ini biasanya terlihat seperti “-h” atau “--help” Contoh: ls --help 


Sumber terbaik untuk perintah yang paling lengkap dapat ditemukan pada halaman manual, dikenal dengan nama “man pages”. Untuk membaca halaman manual dari setiap perintah, cukup ketik “man program” Contoh: ketik "man man" manual mengenai cara menggunakan halaman manual



Jika memerlukan bantuan dengan perintah perintah di Linux, cukup ketikkan command "help" seperti gambar ini :



Perintah dapat berjalan sendiri, atau anda dapat menambahkan argumen untuk membuatnya berbeda. ketikkan command "ls -l -color"    menampilkan daftar file dengan output berwarna

Menampilkan konten dari file, dengan nomer baris. ketikkan command "cat -n namafile.txt"


 Menampilkan halaman informasi dari “df”


Untuk mengetahui cara mengubah file permissions, anda dapat mencari halaman manual untuk kata “permission” seperti ini: "man -k permission".


Sumber :
Modul praktikum Sistem Operasi Linux Command Shell

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cheatsheet Manajemen Proses di Linux


[Cheatsheet] Manajemen Proses di Linux


Secara umum, manajemen proses di dalam OS (operating system) Linux Ubuntu memiliki cara dan mekanisme yang hampir sama dengan manajemen proses dalam OS turunan UNIX (dan Linux) lainnya. Oleh karenanya dalam Bab ini, akan diberikan penjelasan singkat mengenai manajemen proses di dalam OS berbasis Linux pada umumnya, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan beberapa hal khusus yang dijumpai di Linux Ubuntu.
Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Di Linux, setiap program merupakan proses. Proses dapat diciptakan dan dapat pula dimusnahkan.  Ketika sistem operasi GNU/Linux pertama kali diaktifkan, saat itu pula proses yang bertanggung jawab  untuk memuat kernel diciptakan. Proses yang pertama kali diciptakan di Linux disebut init. Konsep proses di Linux memiliki kemiripan dengan konsep file permission. Dalam pengertian setiap user hanya dapat memanipulasi proses yang menjadi miliknya. Setiap proses juga memiliki PID atau Process ID yang merupakan nomor unik yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan proses bersangkutan. 
Perintah-perintah proses di linux :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS