RESUME MULTIMEDIA ke 2 ( FLASH )
1.
Workspace beserta fungsinya dalam Adobe Flash
·
Stage,
Stage merupakan tempat
untuk elemen-elemen grafik yang membuat suatu movie. Stage sering di sebut
kanvas di gunakan sebagai objek pembuatan animasi. Segala Pemikiran tentang
pembentukan animasi maupun gembar di buat pada bidang ini.
Jadi, Stage berfungsi untuk menempatkan objek tampilan yang kita buat
·
Timeline library
Timeline digunakan untuk menyusun semua objek yg akan
digunakan didalam produk animasi atau multimedia dengan mengikuti layer
tertentu & juga menentukan prilakuannya, serta mengikuti pergerakan waktu.
Library digunakan untuk menyimpan simbol yang digunakan
untuk membuat movie.
·
Action
dan properties
Action adalah tempat untuk menulis perintah atau script yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas dan kecanggihan khusus.
Properties adalah untuk melakukan
pengaturan ukuran layar, warna background, framerate, dan dimensi dari animasi
yang akan dibuat.
2.
Istilah (Animasi dalam Flash)
v Single keyframe dan frame
-
Single keyFrame
di mana terdapat perubahan yang spesifik didalam animasi
-
Frame ialah Satu
bingkai gambar grafik yang merupakan bagian dari animasi
v Motion tweened frame
Biasa digunakan untuk membuat
animasi objek bergerak (dari satu posisi ke posisi lain), berputar, dan
perubahan ukuran (skala).
v Shape tweened frame
Animasi perubahan bentuk ataupun perubahan ukuran, dimana
terjadi sebuah perubahan dari 1 bentuk kebentuk lainnya.
v Labeled frame
Sebagai suatu identitas dari frame.
v Scripted frame
Kode-kode
program dalam Flash digunakan untuk mengontrol jalannya suatu
animasi agar animasi yang dibuat menjadi lebih atraktif dan
menarik.
3.
Isi
tiap bagian Tools Panel beserta
fungsinya
·
Tools
Area panel berisi berbagai macam tool.
·
View
Area untuk mengatur
tampilan lembar kerja.
·
Colors
Area menentukan warna
yang dipakai saat mengedit.
·
Option
Area alat bantu lain
untuk mengedit gambar.
4.
Perbedaan
Static Teks, Dinamic Teks dan Input Teks :
-
jika
Static Text, tulisan yang bersifat statis sehingga tidak dapat diubah-ubah
saat aplikasi dijalankan
-
Kalau Dynamic Text, tulisan yang bersifat dinamis sehingga bisa diedit atau diubah
saat aplikasi dijalankan.
-
Sedangkan Input Text, teks yang dapat diinputkan oleh user saat aplikasi dijalankan.
5.
Pengertian,
Fungsi & Cara membuat Breaking
Teks Apart
Breaking
Teks Apart adalah untuk memisahkan masing-masing karakter hururf, cara membuat
CTRL+B.
6.
Linking Teks, dan Cara Membuat Linking Teks ke sebuah URL.
Linking
teks adalah teks yang akan dijadikan link agar bisa terhubung ke internet. Cara
membuat Linking Teks kesebuah URL adalah dengan cari kata atau
kalimat yang saat di Klik akan menuju Halaman lain, lalu tandai atau blok
kata.kalimat tersebut. Setelah ditandai Klik tanda link. Maka anda akan di bawa ke
halaman/tampilan Lain, URL : isilah Alamat Web yang anda inginkan.
7.
Perbedaan Bitmap dan Vektor :
Gambar
bitmap juga biasa disebut dengan raster graphic. Contoh dari gambar ini
adalah gambar-gambar pada
dekstop wallpaper dan foto-foto yang ada dalam situs web. Gambar bitmap
ini tersusun dari titik-titik (pixel) yang berjumlah ribuan, sehingga bila
gambar tersebut diperbesar, maka titik-titik yang menyusunnya akan semakin terlihat
jelas. Dengan kata lain, pembesaran gambar bitmap menyebabkan gambar tersebut
pecah. Program-program yang biasa gunakan untuk bekerja dengan gambar bitmap
adalah Painter, Paint Shop Pro, Photoshop, dan Windows Paint.
Gambar vektor mempunyai
sifat yang berlawanan dengan gambar bitmap.
Seberapapun gambar vektor
diperbesar, gambar tersebut akan terlihat utuh atau tidak pecah. Hal ini
dikarenakan file yang berisi gambar vektor hanya menangkap bagian-bagian yang
membentuk gambar tadi, dan bukan menangkap keseluruhan bagian gambar vektor. Di
samping itu, kelebihan lain dari gambar vektor dibanding dari gambar bitmap
adalah ukuran file gambar vektor lebih kecil daripada ukuran file gambar
bitmap.
8.
Animasi Motion Tween dan Shape Tween
Motion tween adalah pergerakan suatu objek dari
keadaan awal sampai keadaan akhir. Sebagai contoh anda ingin menggerakkan suatu
bola dari kiri ke kanan, dengan adanya motion tween kita bisa menggunakan
sedikit objek tanpa harus membuat banyak objek.
Shape tween adalah perubahan bentuk dari suatu
objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis
Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan
motion Tween.
9.
Simbol dalam Flash dan Fungsinya
·
Tipe
Simbol Graphic adalah objek yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
·
Tipe Simbol Movie Clip adalah simbol yang biasa digunakan untuk objek animasi
·
Tipe
Simbol Button adalah simbol untuk membuat
tombol yang bersifat diam
·
Tweening
pada Simbol adalah simbol
yang ada di dalam tween.
10. Format Publising Flash Movie
·
Flash
*.swf
File yang terbentuk jika anda melakukan test movie , dan
merupakan sebuah file project
yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d
lainya.
·
Html
*.html
Digunakan untuk membuat suatu aaplikasi yang bisa
di akses melalui web.
·
Windows
Projektor *.exe
Jasa untuk meng-export animasi menjadi video, juga dapat di
publish menjadi sebuah aplikasi
Referensi :